Selamat Datang....

Tiket & Hotel

Rental

Wisata & Belanja

Informasi

KontakTelephoneKontakKirim e-mail

Sosial

Pojok

KOTA TUA PULAU SAMBU.

Kota Tua yang Berusia 115 Tahun.

Kota Tua Pulau Sambu Salah satu bangunan tua di Pulau Sambu

Pulau Sambu merupakan salah satu pulau yang memasok minyak bumi terbesar yang berada dalam satu Kepulauan Riau. Pulau Sambu memiliki nilai-nilai historis yang sangat tinggi karena pernah menjadi benteng pertahanan pada masa penjajahan Belanda. Pulau Sambu sengaja dibangun sebagai terminal minyak Pertamina pada tanggal 16 Agustus 1897 jauh sebelum Kota Batam berdiri.

Selain sebagai terminal minyak Pertamina, Pulau Sambu juga merupakan Kota Tua yang kini berusia hampir 115 tahun. Kota bekas kecamatan di Kabupaten Kepulauan Riau ini, kini menjadi bagian dari wilayah administrasi Pemerintah Kota Batam. Beberapa bangunan tua yang dibangun oleh PT. Pertamina seperti menara selamat datang, wisma, Kantor Pos, gedung bioskop, rumah sakit Pertamina, serta beberapa prasasti telapak tangan para manager operasional Pertamina untuk Pulau Sambu, dan beberapa buah bunker minyak milik Pertamina.

Jalan-jalan ke Pulau Sambu.

Pantai Pulau Sambu Pantai eksotis di Pulau Sambu

Bila anda dari Kota Batam, anda berangkat menuju pelabuhan Boat Pancung Sekupang. Pintu masuk pelabuhan pancung ini menjadi satu dengan pintu masuk pelabuhan domestik sekupang, hanya saja untuk ke pelabuhan Pulau Sambu anda mengambil jalan yang lurus. Jika anda masih bingung, anda bisa menanyakan langsung pada supir taxi atau masyarakat tempatan yang berada di sekitar pelabuhan. Untuk ke Pulau Sambu anda harus menebus tiketnya terlebih dahulu di loket sebesar Rp.10.000/orang. Perjalanan menuju Pulau Sambu dari sekupang di tempuh selama 20 menit.

Pulau Sambu, selain mempunyai segudang nilai historis dan bangunan-bangunan tua dengan sejarahnya masing-masing, juga memiliki alam yang mempesona. Dari pantai Pulau Sambu yang berpasir putih, anda bisa melihat gedung-gedung pencakar langit Negara Singapura dengan jelas dan lalu lalang kapal-kapal yang melintas di jalur pelayaran Internasional Singapore Strait. Pemandangan matahari terbenam “Sunset” akan menjadi kenangan yang tidak mudah untuk dilupakan dari Pantai Pulau Sambu ini.

Baca juga : Pulau Sambu "Dahoeloe dan Sekarang".

Referensi: wikipedia.com | webmaster

© 2011-2014  |   Batam Safari  |  All Right Reserved